Sudut Pandang Sebagai Seorang Travel Blogger Senior

Sebagai seorang traveler, saya banyak sekali melihat tempat – tempat yang berbeda dari berbagai macam belahan dunia. Yang paling saya senangi adalah ketika saya bisa melihat perbedaan dan keragaman sehingga membuat saya lebih sadar lagi.

Saya suka bepergian karena saya memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi sekali. Pergi ke tempat yang tidak dikenal, makan makanan yang tidak dikenal, berbicara bahasa yang tidak dikenal. Namun, ada lebih banyak insiden yang tidak diketahui di depan! Seperti di foto ini pada 2019 ketika saya menyewa mobil Lada tua dengan sopir tua yang tidak berbahasa Inggris untuk melihat lumpur vulkanis mendidih di #Azerbaijan, dan mobil ini mogok di tengah gurun sepi!

Gara-gara nonton serial travel Joanna Lumley’s Silk Road Adventure, saya napak tilas (melihat foto) negara-negara yang ada di film itu. Tak terasa air mata saya menetes. Saya kangen jalan-jalan bebas! Saya merindukan ketidaktahuan bepergian!

Fakta Buruk Tentang Bali

Menyedihkan melihat sampah menumpuk di pantai Canggu pagi itu (10 Jan 2021)! Ini menjadi biasa setiap musim hujan di pantai-pantai populer di Bali. Meski pemerintah setempat dan beberapa organisasi nonprofit berupaya membersihkan pantai setiap hari, namun belum bisa menahan badai sampah sebanyak puluhan ton per hari saat musim hujan. Sedih mengakui bahwa kita masih sangat kurang dalam pengelolaan limbah, juga sangat sulit berperilaku ramah lingkungan.

Nihi Sumba

Saya memiliki pengalaman spa terbaik di gubuk tepi tebing pribadi dengan pemandangan pantai yang menakjubkan ini! Di hari ulang tahunku, aku menghabiskan setengah hari di @nihi dengan Nihioka Spa Safari dimana aku dimanjakan oleh mama-mama Sumba. Sekarang saya tahu mengapa mereka mengatakan itu “spa terseksi di dunia” – lihat foto-foto ini!

Nihioka jaraknya sekitar 20 menit berkendara dari villa ke pantai tersembunyi yang super sepi ini. Setelah memilih 3 paket, spa dilakukan di bale-bale privat yang serba terbuka dan dibelai angin semilir pantai.
Biasanya kalau dipijat nggak tidur, baru kali itu saya sampai tewas ketiduran saking pernah enaknya pijatan mama terapis!