Jagalah Gunung Semeru Agar Keindahannya Abadi

Gunung semeru merupakan salah satu gunung yag menjadi banyak impian bagi para pecinta pendaki gunung. Pertama kali naik semeru tahun 2001 iyaahh 14 tahun lalu, tepatnya bulan Agustus, dimana naik gunung belum semainstream itu dan belum banyak camera bertebaran.. Gunung Semeru buat gue adalah gunung yg cukup sulit (susah bangett) yg bisa di bilang grade 7-8 deh.. dulu klo mau ke Semeru gue harus latihan fisik dulu, dan jalur Semeru dulu 14 tahun lalu, berbeda banget dengan yg sekarang…

tapi sayang.. sekarang Semeru berubah.. orang yg gak tau arti dan ilmu mendaki gunung pun bisa langsung “mendarat ke semeru” bahkan gak sedikit loh yg hanya modal badan dan ikut-ikutan ajah..

mirisnya,waktu itu di Semeru ada rombongan anak-anak GAOEL masa kini dgn pakaian gunung yg mewah, tp sayang mereka gak ngerti cara pasang tenda dan cara pasang kompor.. miris yah..? karena ternyata naik gunung itu gak gampang.. dan please please please.. always be “smart and safe hikers” .
iyah gue tua… gue udah naik gunung saat elu masih pada disuapin.. *kemudian dikepruk.

tahun 2001 dulu, ikan di Ranu Kumbolo bisa segede-gede gaban.. bisa sebesar lengan tangan dan banyak bgt sampai ikan-ikan tersebut main dipinggiran Ranu Kumbolo..

sekarang ikannya entah pada kemana, tinggal dikit.. bagian pinggir Ranu Kumbolo dipenuhi sampah, bekas nasi, bekas mie bahkan dengan sampah plastik.
bolehkah kami meminta untuk jangan rusak alam kami? jangan kotori gunung kami?
please.. utk kalian yg akan segera mendaki Semeru..

Semeru emang keren!! indah banget.. apalagi kalau makin banyak pendaki yg peduli terhadapnya..

inget tahun lalu di Semeru kebakaran? banyak pohonan dan vegetasi yg rusak. ini juga terjadi krna kecerobohan dan ketidakpedulian pendaki yg hanya ingin menikmati Semeru saja tanpa peduli alammya.

temen-temen dari S.O.S (Save Our Semeru),udah bantu loh utk penanaman kembali pohon dan vegetasi yg rusak di.Semeru.
jadi mohon banget, yg bulan depan mendaki Semeru, tolong bantu jaga yah.. jangan dirusak alamnya.