Mengenali Faktor Penyebab Kelainan Tulang Belakang

Kelainan tulang belakang atau yang disebut dengan Spinal disorder ini adalah kelainan dimana posisi dan kelengkungan tulang belakang tidak normal seperti yang seharusnya. Tulang belakang ini berfungsi untuk menopang bagian atas tubuh serta salah satu pembentuk postur tubuh. Secara umum, bentuk tulang belakang yang sehat adalah memiliki sedikit lengkungan. Namun, Jika lengkungan pada tulang tersebut melebihi dari lengkungan tulang normal, bisa menyebabkan gangguan fungsi tulang tersebut dan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman. Itulah yang dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang.

Faktor terjadinya kelainan tulang belakang sendiri bermacam-macam, seperti dibawah ini:
Kelainan tulang dapat dialami oleh semua kalangan usia, dari anak-anak hingga lanjut usia. Berikut ini faktor yang mempengaruhi dan memicu kelainan tulang belakang:

1. Masalah Kesehatan Tertentu

Masalah kesehatan dapat memicu penyakit kelainan tulang, contohnya seperti:
– kondisi pertumbuhan cepat sebelum masa pubertas atau penyakit Scheuermann
– Cerebral palsy yang mempengaruhi saraf dan otak;
– Distrofi otot penyebab sistem otot melemah;
– Kanker tulang yang terjadi pada area tulang belakang hingga mewajibkan pengidap menjalani kemoterapi atau – radioterapi;
– Pengeroposan tulang atau Osteoporosis.

2. Faktor Genetik

Faktor kedua bisa disebabkan oleh faktor genetik. Karena jika tulang belakang yang dipunya lebih tipis dari kebanyakan tulang belakang pada umumnya justru ini dapat membuat seseorang mudah mengalami patah tulang dan permasalahan tulang belakang lainnya.

3. Kelainan Bawaan dari Lahir

Faktor selanjutnya adalah bawaan sejak dikandungan. Misalnya karena kurangnya gizi membuat pertumbuhan tulang tidak sempurna, dan menyebabkankan bentuk tulang tidak seperti tulang sehat pada umumnya.

4. Cedera

Akibat dari benturan sesuatu atau peristiwa sesuatu yang menyebabkan cedera pun dapat menyebabkan kelainan tulang belakang loh. Cedera bisa mengakibatkan patah tulang atau menciptakan lengkungan kedepan yang membuatnya terlihat membungkuk.

5. Aktivitas Tertentu

Jika kamu sering melakukan aktovitas yang mengharuskan kamu membawa beban berat, hati-hati karena ini bisa menjadi faktor dari kelainan tulang selanjutnya loh. Jika kamu membawa beban yang lebih berat akan berdampak buruk pada kekuatan tulang tersebut, bisa saja karena tidak kuat menahan beban yang besar justru malah merusak fungsi dari tulang belakang tersebut.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kelainan tulang belakang. Dengan begini kamu sudah mengetahui apa saja yang harus kamu hindari dan apa yang harus kamu perhatikan dalam menjaga kesehatan tulang belakang mu.