Ini 4 Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang atau dalam bahasa ilmiahnya Vigna unguiculata ssp. sesquipedalis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kacang panjang adalah salah satu jenis sayur dengan beragam manfaat yang dengan mudah dapat kita jumpai dimana saja, terlebih sayur ini dijual dengan harga yang murah. Jadi sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin.

Dalam membantu anda menjalankan hidup sehat, kacang panjang adalah makanan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam Kacang panjang, diantaranya:

  • 47 kalori
  • 4 gram natrium (0% nilai rekomendasi harian)
  • 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian)
  • 3 gram protein (5% dari rekomendasi harian)
  • 62 mg atau 15% dari total kebutuhan harian folat

Kacang panjang merupakan sumber folat terbaik. Folat dan vitamin B12 merupakan zat penting dalam sintesis DNA serta pembelahan sel. Tak hanya itu, kacang panjang juga mengandung beragam zat antioksidan diantaranya, vitamin C, betakaroten, dan juga riboflavin. Sekitar 31 persen kebutuhan vitamin C harian manusia terkandung dalam kacang panjang ini.

Manfaat Kacang Panjang

1. Menurunkan Gula Darah

Manfaat pertama dari kacang panjang ini adalah dapt menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena Terdapat aktivitas antihyperglycemic dari ekstrak kacang panjang ini, sehingga kadar glukosa mengalami penurunan.

2. Meredakan Nyeri

Manfaat berikutnya dari kacang panjang adalah dapat meredakan nyeri karena memiliki sifat
analgesic. untuk wanita, jika kamu sedang mengalami menstruasi bisa banget mengonsumsi kacang panjang untuk meredakan nyeri akibat haid. Kandungan mangan seperti mineral ini bisa meringankan gejala dismenore yaitu rasa kram yang cukup menyakitkan dan biasanya datang saat tengah menstruasi.

3. Menambah Darah

Kandungan zat besi dan juga mineral ini berguna dalam meningkatkan perkembangan sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu, banyak pasien pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi kacang panjang secara rutin guna membantu penambahan darah.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya yakni bisa mencegah risiko penyakit kanker. Penyebab kanker usus besar, serviks, paru-paru, payudara, dan juga otak bisa di sebabkan oleh kurangnya asupan folat. Dengan mengonsumsi kacang panjang yang kaya akan folat ini, dapap mengurangi risiko perkembangan kanker lho.