Hal yang Harus Diperhatikan Saat Turun Gunung

Banyak orang menganggap bahwa saat menggapai puncak berarti tantangan terberat sudah lewat, menurut gue opini tersebut kurang benar, tantangan terberat adalah ketika turun dari gunung.

Seringkali orang menganggap sepele saat turun gunung, makanan dihabiskan/dibuang, sisa air dihamburkan, dan selalu ingin terburu-buru sampai bawah tanpa memperhatikan jalur.

Ingat banyak berita hilang saat turun dari Gunung Semeru, Kerinci, dan tak jarang dari mereka turun hanya bermodalkan dengkul? Akibatnya ketika hilang, mereka tidak punya cadangan makanan atau minuman.
Simple masalahnya “kebiasaan menyepelekan persiapan mendaki gunung”
Bukan sedikit, orang yg naik dan turun gunung hanya bermodalkan makanan seadanya dan minuman secukupnya.

Berikut ini lanjutan postingan sebelum nya tentang Turun Gunung.
Nyookkk simak tips yang berguna sekali dan harus dilakukan saat turun gunung.. Yg mau sharing atau nambahin juga boleh..

1. Pastikan tidak terpisah dari rombongan. Inget perpisahan itu menyakitkan

2. Kalo gak tau jalan, jangan sotoy jalan duluan, turunlah sama orang yg hapal jalur pendakian

3. Pelajari medan,orientasi medan diperlukan saat pendakian. Gunanya, kalo tersesat bisa pelajari tanda jalur yg  sudah dilewati

4. Biasakan bawa perbekalan makanan dan minuman yg cukup. Inget!! Summit attack walopun dekat, tetap butuh tenaga.Tubuh butuh asupan makanan dan minuman.

5. Saat turun, sisa makanan jangan dibuang atau dihamburkan. Kita ga pernah tau kapan ketemu cuaca buruk yg harus bikin kita bermalam lg di gunung. Penyakit kebanyakan orang, sisa makanan dibuang karna berat malas bawa beban,nanti ditengah jalan saat turun kelaparan bingung sendiri

6. Ga usah terburu-buru, kalo urusan turun banyak orang lompat-lompat kaya bajing loncat cepet-cepetan turun, pdhal bahaya buat kaki.. Karna ingin cepet sampe bawah, orang sering lupain safety

7. Turun gunung, resiko cidera kaki.. Yah ankle lah, lutut nya kena lah, jempol sakit, ya baper lah, ya jomblo lah.. *eehh Santai ajah turunnya hindari cidera kaki.

8. Kalo kira-kira sudah tersasar, lakukan STOP berhenti disitu, kalo tau jalan awal silahkan kembali.

9.  Tetap tenang dalam kondisi apapun walopun memang terkadang sulit mengendalikan panik apalagi mengendalikan baper

10. Bawa perlengkapan standard survival kit selalu

11.  Sediakan perbekalan air minum yg cukup, jangan dibuang-buang, banyak orang malas bawa air banyak saat turun gunung alasannya berat.. Padahal air minum komponen yg penting!

12. Jangan pernah anggap enteng gunung manapun apalagi anggap sepele, walopun udah berkali-kali naik gunung, tetap ajah balik lg dari NOL manusianya

13. Ingat, banyak terjadi kecelakaan di gunung pada saat TURUN GUNUNG bukan saat naik

Selamat Menjadi Pendaki yg Bijak dan Cerdas! Karena mendaki Gunung bukan hanya pake OTOT tapi harus pakai OTAK