Apa itu Leukimia?

Leukimia adalah jenis penyakit kanker yang ada pada sumsum tulang dan juga sel darah putih. Penyakit ini digolongkan menjadi dua yaitu leukimia akut serta leukimia kronik. Perbedaan ini dilihat pada jangka waktu hadirnya dan proses perkembangannya cepat atau lambat.

Pada leukemia, ada gangguan dalam parameter sel leukosit. Leukosit dalam darah berkembang biak dan tidak terkendali sehingga fungsinya menjadi abnormal. Sel darah putih yang ditargetkan oleh kanker darah berfungsi untuk menghasilkan antibodi. Jika hasil dari sel darah putih itu adalah tidak normal, maka bisa mempengaruhi sistem kerja tubuh dalam mencegah dan melawan infeksi serta penyakit yang menyerang tubuh.

Apa itu leukimia akut?

Leukimia yang proses perkembangannya cepat disebut dengan leukimia akut. Jika tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kematian terhadap penderitanya. Perkembangan leukimia akut ini terbilang cepat, karena bisa bertambah buruk hanya dalam hitungan minggu saja. Disaat kondisi normal, seldarah putih yang belum matang dalam sumsum tulang hanya sedikit yang dihasilkan. Namun, pada penderita leukimia sumsum tulang justru menghasilkan banyak jumlah sel darah putih yang belum matang ini.

Jenis leukimi akut

Berdasarkan dari jenis sel terpengaruhnya, leukimia diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

1. Leukemia Limfoblastik Akut (LLA)

Leukemia limfoblastik akut adalah jenis leukimia dimana sumsum tulang menghasilkan sel limfosit yang belum matang. Leukimia jenis ini sering ditemukan pada anak-anak dengan rentan usia 2-10 tahun dan lebih sering terjadi pada anak-anak berjenis kelamin laki-laki.

2. Leukemia Mieloid Akut (AML)

Leukemia mieloid akut (AML) ialah jenis leukimia dimana sumsum tulang menghasilkan sel mieloid yang belum matang. Proses perkembangannya cukup cepat, dan dapat mempengaruhi hasil produksi seldarah merah lainnya. Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gejala anemia. Kasus ini paling sering ditemukan pada orang dewasa.

Gejala leukemia akut

Gejala leukimia akut ini bentuknya bermacam-macam tergantung sesuai dengan jumlah dan letak sel abnormal tersebut. Berikut ini gejala jika kamu terkena leukimia akut, diantaranya:

  • Anemia
  • Mudah merasa lelah
  • Penurunan drastis berat badan
  • Mudah mengalami pendarahan
  • Sering mengalami infeksi
  • Selera makan berkurang
  • Nyeri tulang dan sendi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Berkeringat pada malam hari
  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit.

Penyebab dan faktor risiko leukemia akut

Faktor penyebab yang dapat meningkatkan penyakit ini adalah:
– Riwayat anggota keluarga yang pernah memiliki leukimia sebelumnya.
– Penyakit genetik
– Terpapar zat-zat kimia yang berbahaya
– Merokok