Apa itu Jamu ? Mari Kita Bahas Jenis-Jenis Jamu dan Pentingnya bagi Kesehatan

Jamu merupakan obat tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Sehingga pada zaman pandemi seperti ini pernah dikabarkan bahwa minum jamu akan terhindar dari corona. Tentu belum ada penelitan yang bisa membenarkan hal ini. Namun sebelum adanya corona, jamu sudah dikenal mempunyai khasiat untuk kesehatan apalagi menjaga imum tubuh, kecantikan dan juga bisa menangkal segala jenis penyakit.

Jamu dibuat dari bahan-bahan alami yang dicampurkan dari tumbuh-tumbuhan , kacangan , daun dan akar pohon dengan rempah-rempah lainnya. Bahan yang digunakan dalam membuat jamu juga tidak sulit di temukan , bahkan seperti dedaunan yang digunakan juga terdapat di samping , belakang atau sekitaran rumah. Jadi untuk membuat jamu tentu sangat gampang dan tidak ribet.

Disamping itu fungsi dari jamu ini tentu berbeda-beda , akan saya uraikan untuk jenis jamu yang sering di minum dan kegunaannya :

1. Jamu kunci sirih
Jamu ini di buat dari perpaduan antara rimpang kunci dan daun sirih dengan tambahan lainnya seperti asam jawa dan kunyit sehingga cocok di minum oleh kaum wanita karena kegunaannya untuk : mengobati keputihan , mengecilkan perut dan bisa menghilangkan bau badan.

2. Jamu kunyit asam
Jamu ini dikenal untuk meredakan sakit perut ketika sedang haid sehingga membuat perut menjadi dingin . Selain itu dapat di percayai untuk menyegarkan tubuh dan mencengah panas dalam.
Jamu ini terbuat dari kunyit , asam jawa , gula merah , air dan sedikit garam.

3. Jamu pahitan
Nama jamu ini bisa menggambarkan rasa dari jamunya , ya benar jamu ini lebih pahit rasanya dari jamu lain karena terbuat dari campuran daun sambiloto , brotowali dan temulawak hingga lempuyang. Manfaat nya : mengatasi gatal-gatal , menurunkan kolestrol , melangsingkan tubuh , mengatasi kencing manis.

4. Jamu beras kencurĀ 
Jamu ini di recomendasikan untuk wanita yang baru saja melahirkan , karena khasiatnya untuk mengencangkan perut dan menyegarkan tubuh , dan menghilangkan pegal-pegal.
Komposisi dari jamu ini terbuat dari : beras , kencur , jeruk nipis , gula kepala dan asam jawa.

5. Jamu cabe payung
Jamu ini memiliki rasa pedas manis yang berasal dari gula aren dan cabai jamu.
kegunaannya untuk : meredakan demam, meredakan nyeri otot, menambah nafsu makan.

TIdak semua orang bisa minum jamu, mungkin karena efek bau dari campuran-campurannya. Namun ada sebagian orang yang rela menahan dan meminumnya mungkin bisa dikatakan orang-orang ini ingin merawat cantik dari dalam juga dengan biaya yang relatif rendah.