Ada Agama Marapu di Sumba

Sumba yang merupakan salah satu tempat indah dan destinasi wisata bagi banyak orang ini rupanya terletak di bagian selatan Indonesia. Ada banyak sekali tradisi dan budaya dari leluhur yang masih dijaga sampai saat ini sehingga sumba menjadi suatu kepulauan yang sangat unik sekali. Uniknya, ada banyak kuda di sumba namun tidak ada yang diberi nama karena kuda dipandang sejajar dengan arwah nenek moyang mereka.

Nah akhirnya gue sampe juga di Sumba nih! bukan Sumbawa yah gaes. Pas gue sampe Sumba gue dikagetin sama kebudayaan mereka yang menganut agama setrip hahahaha kaget kan? Sebelum gue ceritain Sumba yang begitu keren, mari kita kenalan dulu dengan kepercayaan mereka. Namanya itu Marapu, apa itu Marapu? Itu loh agama yang belum masuk dalam agama nasional tanah air kita. Naaah dulunya masyarakat Sumba ternyata memiliki kepercayaan agama Marapu tapi sekarang sebagaian masyarakat Sumba telah berpindah agama jadi Islam ataupun Katolik.

MARAPU

Nah waktu gue dateng ke Sumba gue diceritain Rato (pemuka adat) banyak hal tentang Marapu ternyata Marapu itu gak kenal yang namanya tempat ibadah khusus untuk berdoa gitu kayak Mesjid, Gereja ataupun Pura mereka juga gak mengenal tulisan dalam menyembah. Nah para penganut agama Marapu biasanya ngelakuin pemujaan di tempat-tempat tertentu, jadi gini nih benda baik yang kasat mata yang kelihatan atau gak bisa kelihatan yang punya kekuatan supernatural yang gak boleh disentuh, gak boleh dipajang sembarangan, terus dianggap keramat adalah Marapu. Nah loh serem kan gaes dengernya. Apalagi gue yang tiap hari dulu tidur di rumah adat kadang ngeri juga. Tapi gak seseram yang dibayangkan ko gaes.

FYI : photo ini adalah pohon yang dianggap Marapu bagi Desa Dasang. Jadi gak boleh di sentuh yah gaes, kalo berani sentuh ada akibatnya. Percaya gak percaya itu terjadi. Dan gue pertama kalinya ketemu cewek yang cantik banget terus topless itu disini ketika dia lagi tenun hehehe
Gak gue photo sih karena gue takut, kalo menurut gue sih itu gak sopan kan. Tapi sumpah! Suer! Gak pake bohong dia cantik banget. Mungkin itu sesuatu hiii!